Pages

Info Penting! 7 Obat Herbal Asam Urat Terbukti Manjur

Monday 11 January 2016

Asam urat merupakan jenis penyakit yang memiliki gejala hampir sama dengan rematik. Penyakit ini dapat mengakibatkan rasa nyeri pada bagian tubuh seperti persendian. Asam urat terjadi akibat adanya kelebihan zat purin didalam tubuh yang biasanya dibuang melalui urine. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai macam obat asam urat baik obat herbal maupun kimia, tetapi alangkah baiknya jika kita mengkonsumsi obat herbal karena tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbehaya bagi kesehatan tubuh. Apa saja obat herbal untuk penyakit asam urat?

Inilah 7 Daftar Obat Herbal Asam Urat
Berikut adalah beberapa tanaman obat atau obat herbal yang terbukti efektif untuk mengatasi penyakit asam urat:
1. Kumis kucing
Salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit adalah kumis kucing. Kandungan garam kalium dalam tanaman ini dapat menghancurkan batu padayang menyumbat saluran kencing, selain itu tanaman obat ini juga memiliki sifat diuretic yang efektif untuk mengatasi masalah asam urat berlebih dalam tubuh dengan membuangnya melalui urine.

2. Jahe
Jehe merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat seperti untuk menjaga daya yahan tubuh dan juga efektif untuk menghilangkan masalah asam urat. Cara penggunaannya yaitu:
  • Siapkan 2 potong jahe sebesar ibu jari lalu bersihkan
  • Potong-potong dan remukkan sedikit
  • Rebus jahe yang telah diremukkan dengan 1 gelas air
  • Tambahkan gula dan madu sesuai dengan selera
  • Setelah mendidih lalu angkat dan biarkan hingga tidak terlalu panas (hangat)
  • Ambil airnya saja lalu minum 
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka minumlah ramuan ini setiap hari
3. Daun salam
Daun salam mengandung flavonoid dan senyawa minyak atsiri yang terbukti efektif untuk mengatasi masalah asam urat, selain itu kandungan ini juga ampuh untuk mengatasi kolesterol yang berlebih dalam tubuh yang dapat mengakibatkan komplikasi.

4. Cengkeh
Selain efektif untuk mengatasi rematik, ternyata cengkeh juga efektif untuk mengatasi masalah asam urat yang berlebih. Cara penggunaannya yaitu:
  • Siapkan cengkeh dan jahe secukupnya dengan takaran yang sama
  • Haluskan kedua bahan itu dengan cara menumbuknya
  • Oleskan pada bagian tubuh yang terasa sakit
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal
5. Sambiloto
Sambiloto merupakan tanaman herbal yang berasal dari India yang mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk mengatasi asam urat yang berlebih dalam tubuh. Kandungan zat dalam sambiloto yang efektif untuk mengatasi asam urat diantaranya adalah kalium, kalsium, natrium, dan lainnya. Anda dapat menggunakan tanaman obat ini dengan cara mengkonsumsi air rebusannya secara rutin setiap hari.

6. Kulit manggis
Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan tinggi dan efektif untuk mengatasi masalah asam urat berlebih dalam tubuh. Cara penggunaannya yaitu:
  • Iris tipis kulit manggis lalu jemur hingga mengering
  • Seduh kulit manggis itu dengan air panas secukupnya
  • Diamkan beberapa saat hingga airnya berubah warna
  • Minum air kulit manggis ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal
7. Anting-anting
Obat herbal selanjutnya adalah tanaman anting-anting atau biasa disebut dengan rumput kokosan atau akar kucingan. Tanaman ini mengandung berbagai zat yang efektif untuk membersihkan hati, anti peradangan, dan juga efektif untuk mengatasi masalah asam urat. Tanaman obat ini banyak digunakan untuk campuran ramuan herbal lainnya karena mengandung berbagai zat yang baik untuk mengatasi berbagai masalah penyakit.

Perlu anda ingat, saat tanda asam urat anda mulai kambuh usahakan yang pertama anda lakukan adalah mengkonsumsi banyak-banyak air putih, agar zat purin didalam tubuh anda bisa cepat larut ke dalam urin anda, dan keluar dari tubuh.

Demikian 7 tanaman obat herbal untuk mengatasi asam urat secara alami, selain mengkonsumsi obat herbal ini Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dan menghindari berbagai makanan yang dapat menyebabkan tingginya asam urat dalam tubuh. Image courtesy of KROMKRATHOG at FreeDigitalPhotos.net