Pages

Bahaya Kopi: 5 Efek Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Saturday 9 January 2016

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari oleh orang indonesia, saat santai maupun kerja kopi dapat menjadi teman minum terbaik, namun banyak orang kawatir apakan kopi dapat mengakibatkan gangguan kesehatan bagi tubuh? selain beberapa efek positif yang dimiliki, kopi juga memiliki ragam efek negatif jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

Kopi merupakan salah satu jenis minuman dengan kandungan kafein tinggi, gangguan dan efek negatif kopi erat kaitanya dengan kandungan kafein tersebut, berikut beberapa efek bahaya mengkonsumsi kopi yang perlu diwaspadai:
1. Kecanduan 
Tidak hanya pada rokok, penggemar kopi juga dapat mengalami kecanduan terutama kecanduan terhadap kafein, kecanduan ini bisa pada tingkat ringan sampai parah. pada seseorang yang mengalami masalah ini biasanya saat tidak mengkonsumsi kopi maka dia akan merasa sangat lemah, tidak bertenaga, dan pusing.

2. Gangguan nafsu makan
Banyak sekali pecandu kopi yang mengalami masalah ini, saat pagi hari dia lebih suka minum kopi dan akan mengakibatkan hilangnya nafsu makan, jika hal ini sering terjadi maka dapat mengakibatkan gangguan pencernaan seperti penyakit maag.

3. Keracunan kafein
Jika anda mengkonsumsi minuman kopi secara berlebih, mungkin anda akan mengalami keracunan kafein, hal ini ditandai dengan frekuensi detak jantung berlebih, gelisah, susah tidur, dan gemetar.

Batasan normal seseorang untuk mengkonsumsi kafein yakni sebesar 100-150 mg, lebih dari itu tubuh akan menunjukkan gejala adanya keracunan kafein.

4. Gangguan tidur
Efek yang sering terlihat saat mengkonsumsi kopi adalah adanya gangguan tidur, hal ini disebabkan oleh adanya kafein didalamnya, kafein didalam tubuh akan meningkatkan kerja saraf psikomotorik sehingga tubuh akan tetap terjaga, selain itu kafein juga akan memberi efek fisiologis berupa peningkatan energi. efek tersebut akan muncul beberapa jam setelah anda meninum kopi.

5. Mengakibatkan dehidrasi
Mengkonsumsi kopi dengan jumlah kafein yang tinggi dapat mengakibatkan dehidrasi, beberapa hasil penelitian menyebutkan kafein didalam kopi memiliki sifat deuretik yakni dapat meningkatkan aliran darah ke organ ginjal, hal ini akan mengakibatkan volume produksi urin menjadi berlebih.

untuk mengatasinya seseorang yang sering mengkonsumsi kopi disarankan untuk menambah jumlah asupan air minum.

Efek kafein diatas akan berbeda pada tiap-tiap individu, hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan genetik seseorang dalam proses metabolisme dalam tubuh. Image courtesy of rakratchada torsap at FreeDigitalPhotos.net