Pages

Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Benar

Tuesday 12 January 2016

Salah satu masalah kulit wajah yang banyak dialami wanita adalah wajah berminyak, produksi minyak yang berlebih membuat penampilan kita selalu terlihat basah, lengket, dan mudah kotor. selain itu wajah berminyak dapat menyebabkan masalah wajah lainnya seperti mudah berjerawat.

Sebenarnya wajah berminyak bukanlah masalah kulit yang perlu ditakuti, beberapa perawatan sederhana seperti menggunakan kertas minyak atau  mencuci wajah cukup untuk mengatasinya, namun banyak orang khawatir penggunaan kertas minyak dan sabun cuci wajah yang kurang tepat akan mengakibatkan produksi minyak menjadi lebih banyak.

Pada artikel ini akan dijabarkan mengenai apa saja manfaat minyak pada wajah, penyebab wajah berminyak, cara merawat dan mengatasi wajah berminyak, sekaligus perawatan tradisional berupa masker wajah alami yang cocok untuk mengatasi wajah berminyak.

A. Manfaat Minyak Wajah Bagi Kesehatan Kulit

Minyak yang dihasilkan wajah memegang peranan penting bagi kesehatan kulit kita, banyak orang tidak mengetahui hal ini, walaupun memiliki banyak manfaat namun jika produksi minyak berlebih maka akan mengakibatkan timbulnya masalah kulit seperti lengket dan berjerawat.

Fungsi utama minyak yang dihasilkan kulit adalah untuk melembabkan kulit, jika kulit tidak menghasilkan minyak maka kulit akan mudah kering dan rusak oleh panas sinar matahari, dengan adanya minyak tersebut kulit akan tetap elastis dan halus, bagi sebagian besar orang yang memiliki wajah berminyak akan memiliki masa penuaan kulit yang lebih lambat.

B. Penyebab Wajah Berminyak Yang Perlu Di Perhatikan

Kulit wajah berminyak secara mendasar diakibatkan oleh adanya produksi minyak secara berlebihan oleh kulit, lantas apa saja yang menyebabkan kulit kita memproduksi banyak minyak berikut faktor-faktornya:
1. Kosmetik
Pemilihan produk kosmetik yang kurang tepat seperti sabun muka, bedak, dan pelembab dapat memicu produksi minyak berlebih, untuk itu perhatikan informasi yang terdapat pada produk sebelum anda membelinya.

2. Genetik/ keturunan
Jika anda memiliki wajah yang selalu berminyak, cobalah untuk mengamati wajah kedua orang tua kalian atau kakek nenek kalian, jika keluarga kalian juga memiliki masalah kulit yang sama maka sudah dapat dipastikan penyebab wajah berminyak kalian adalah faktor genetik.

3. Stres pikiran/ kurang tidur
Saat stres atau kurang tidur bagi beberapa orang akan mengakibatkan perubahan kondisi hormon didalam tubuh, dan salah satu bentuk respon tubuh terhadap perubahan hormonal tersebut adalah terjadinya produksi minyak secara berlebih.

Hamil, menopaus dan menstruasi juga salah satu penyebab seseorang mengalami perubahan hormonal.

4. Melakukan perawatan kulit tertentu
Jika anda suka melakukan perawatan kulit seperti tanning (pencoklatan kulit), peeling, dan scrubbing yang tentunya menggunakan produk kimia awalnya anda akan merasakan kulit menjadi kering, namun pada akhirnya kulit akan memproduksi minyak secara berlebih.

C. Cara Mengatasi dan Merawat Wajah Berminyak

Kulit berminyak tidak memerukan banyak perawatan, cukup dengan mencuci wajah, menggunakan tooner serta memakai masker alami secara teratur, untuk lebih lengkapnya berikut penjelasanya:
1. Mencuci wajah
Usahakan mencuci wajah pada pagi, siang,dan malam hari, namun jika kulit wajah terlihat sangat berminyak anda bisa langsung mencucinya, gunakan air hangat dan sabun ringan seperti sabun bayi agar minyak wajah tidak benar-benar hilang dari kulit.

2.  Menggunakan krim
Fungsi krim adalah untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, selain itu krim tertentu juga dapat menutrisi kulit sekaligus memperbaiki kondisi kulit yang rusak. hindari krim yang berbasis pada minyak untuk mencegah kulit semakin berminyak.

3. Memakai toner
Toner adalah salah satu produk kecantikan yang mungkin banyak orang mengabaikanya, toner digunakan terutama setelah anda membersihkan wajah dari kosmetik. cairan menyegarkan ini mengandung berbagai ekstrak tumbuh-tumbuhan yang dapat membuat kulit menjadi lebih rileks, selain itu toner juga dapat membersihkan kotoran pada kulit terutama yang menempel pada pori-pori kulit serta mampu menjaga keseimbangan pH.

Pilih toner dengan bahan utama aseton yang dapat membantu anda mengangkat minyak berlebih.

4. Memakai masker bahan alami
Penggunaan masker alami mampu menutrisi kulit serta mengatasi masalah minyak berlebih, buatlah masker wajah dengan bahan utama air jeruk nipis dan lumpur/tanah liat atau bahan lainnya yang dapat mengangkat minyak pada kulit, selain itu hindari masker dengan campuran minyak alami seperti minyak zaitun.

D. Membuat Masker Alami Untuk Kulit Wajah Berminyak

Banyak sekali jenis buah-buahan dan bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat masker penghilang minyak berlebih pada wajah dan berikut adalah diantaranya:
1. Membuat Masker lemon
Lemon terkenal dapat mengangkat minyak dan lemak, kandungan vitamin C pada lemon dapat membuat kulit anda menjadi lebih putih dan cerah, jika anda memiliki kulit berminyak dan terdapat flek hitam maka anda wajib mencoba masker yang satu ini.

Untuk membuatnya, peras satu buah lemon untuk mendapatkan airnya, campurkan madu kemudian oleskan pada seluruh wajah dan leher, pijat lembut terutama pada kulit yang bermasalah, dan diamkan sampai 15 menit.

2. Membuat Masker lidak buaya
Lidah buaya dapat menenagkan dan menyejukkan kulit berminyak, membantu mengecilkan pori-pori kulit serta mengangkat minyak berlebih. haluskan lidah buaya secukupnya dengan menggunakan garpu atau dengan memblendernya, Aplikasikan pada kulit wajah dan leher.

3. Membuat masker teh
Teh adalah salah satu minuman yang sangat membantu bagi mereka yang menjalankan diet, mampu melunturkan lemak didalam tubuh. namun teh juga sangat beguna untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah, kandungan antioksidan didalam teh dapat membuat kulit menjadi lebih cantik dan bersih.

Untuk menggunakan masker teh anda bisa menggunakan air atau ampasnya, untuk menggunakan air teh sebagai masker, celupkan tisu kedalam teh, peras sedikit, kemudian tempelkan pada wajah anda.

Gunakan masker bahan alami diatas sebanyak 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.
Image courtesy of marcolm at FreeDigitalPhotos.net