Pages

Berikut Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami Dan Mudah

Wednesday 13 January 2016

Bau yang muncul pada kaki merupakan momok bagi kebanyak orang yang peduli akan kebersihan, namun banyak sekali kita temui pria yang cuek saat kakinya memiliki bau yang kurang sedap. Bau kaki erat kaitanya dengan sepatu yang sedang kita pakai, Saat kaki kita sedang bau sudah dapat dipastikan sepatu atau sandal kita juga akan ikutan bau, namun tahukah anda apa penyebab bau tersebut?

Berikut adalah penjelasan mengenai penyebab bau kaki, cara merawat kaki yang bau, dan beberapa tips alami untuk mengatasi bau kaki yang kurang sedap.

A. Penyebab Utama Bau Kaki
Kaki dan tangan meruapakan dua bagian tubuh yang memiliki kelenjar keringat paling banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, memiliki kurang lebih 3 ribu kelenjar per inci persegi membuat kedua bagain tubuh tersebut sering kali mudah mengeluarkan keringat. Namun permasalahan muncul pada kaki, saat kita beraktifitas diluar ruangan seperti saat kerja ataupun sekolah kaki kita tertutup oleh sepatu sehingga mengakibatkan kondisi kaki kita menjadi lembab dan hal inilah yang mengakibatkan banyak bakteri mudah berkembang biak.

Sepatu yang lembab itulah yang memungkinkan bakteri dan kuman berkembang biak dengan baik dan menghasilkan bau yang kurang sedap.

B. Cara Merawat Kaki Yang Bau
Langkah pertama saat anda mengetahui kaki anda mengeluarkan bau yang kurang sedap adalah melakukan beberapa perawatan kaki sederhana, hal ini untuk mencegah bau kaki yang semakin parah, berikut adalah beberapa perawatan yang bisa anda lakukan:
1. Mengganti sepatu dan kaos kaki sesering mungkin
Sepatu menjadi sarang bagi bakteri dan kuman penyebab bau kaki, usahakan untuk mengganti sepatu 2-3 hari sekali, namun jika sepatu anda sudah terasa bau walaupun anda memakainya sehari maka usahakan untuk menggantinya. Pilih sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar kondisi didalam sepatu tetap kering.

2. Mencuci kaki dengan benar
Usahakan anda untuk sesering mungkin mencuci kaki tiga kali dalam sehari, hal ini untuk mencegah bakteri berkembang dengan cepat,gunakan sabun anti bakteri untuk membunuh bakteri penyabab bau, setelah anda mencucinya keringkan dengan menggunakan handuk bersih untuk menghindari kondisi kaki yang lembab.

3. Merendam kaki
Gunakan air hangat untuk merendam kaki anda selama 10-15 menit, tambahkan garam atau sabun anti bakteri untuk membunuh kuman penyebab bau, gosok-gosok secara perlahan pada seluruh bagian kaki terutama pada bagian sela jari. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

4. Melakukan scrub untuk kaki
Hanya dengan mencuci kaki dengan sabun tidak cukup untuk mengatasi masalah bau pada kaki, lakukan scrub kaki menggunakan lulur atau sabun wajah yang mengandung butiran halus, pijat-pijat halus seluruh bagian kaki terutama sela jari, dengan langkah ini diharapkan sel-sel kulit mati yang menjadi makanan bakteri dan sekaligus bakteri penyebab bau akan menyingkir.

C. Cara Alami Dan Sederhana Mengatasi Bau kaki
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau kaki menyengat, namun berikut adalah beberapa cara alami yang mudah dilakukan dirumah dan tempat kerja:
1. Semprot dengan parfum
Hal paling mudah dilakukan untuk mengatasi bau yang keluar dari kaki adalah dengan menggunakan parfum, semprot parfum pada bagian sepatu dan kaki kita, namun usahakan untuk tidak melakukan secara berlebihan. Pilih parfum yang mengandung alkohol yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau kaki.

2. Menggunakan kertas pengering/ tisu kering
Mungkin hal ini akan sedikit aneh, namun bisa anda coba untuk membuktikannya. Saat berkeringat dan kaki menjadi lembab maka bau kaki akan menjadi semakin parah, untuk mencegah hal tersebut anda bisa menambahkan beberapa lembar kertas pengering pada alas kaki anda untuk menjaga agar kaki tetap kering, namun jika dirasa kertas pengering sudah agak basah anda bisa langsung menggantinya.

3. Memakai bedak ketiak
Bedak ketiak yang sedianya digunakan untuk menghilangkan bau ketiak bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada kaki. Tuangkan bedak pada telapak tangan kemudian ratakan pada seluruh bagian kaki. Bedak mampu mengontrol kelembapan pada kaki selain itu bedak juga dapat mencegah produksi keringat berlebih. Image courtesy of num_skyman at FreeDigitalPhotos.net