Pages

10 Manfaat Susu Kambing yang Wajib Anda Ketahui

Monday 11 January 2016

Salah satu minuman yang kaya akan manfaat adalah susu yang dapat diperoleh dari sapi dan juga kambing. Susu sapi dan kambing memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama susu kambing.  Susu kambing memang jarang diproduksi tetapi khasiatnya sangat besar untuk kesehatan. Di dalam susu kambing mengandung sodium, kalsium, flourin, dan fosfor yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaat susu kambing bagi kesehatan?

Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan
Berikut adalah beberapa manfaat yang terkandung dalam susu kambing:
1. Anti-inflamasi alami
Susu kambing mampu melakukan proses homogenisasi secara alami sehingga mampu memecah gelembung lemak menjadi bagian terkecil lebih kecil dari susu sapi sehingga dapat mempermudah dalam penyerapan makanan dalam sistem pencernaan. Sebab itulah susu kambing dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh inflamasi.
 
2. Menjaga kesehatan pencernaan
Susu kambing mampu menenangkan system pencernaan dan juga mampu menekan rasa lapar sehingga dapat menurunkan berat badan dan cocok untuk dikonsumsi saat diet. Selain itu dalam susu kambing tidak mengandung protein kompleks sehingga tidak menyebabkan alergi meskipun mengkonsumsinya setiap hari.

3. Tidak membuat alergi
Kandungan gelembung-gelembung lemak dalam susu kambing jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan susu sapi. Banyak orang yang mengalami alergi karena kandungan lemak yang tinggi dalam susu, tetapi susu kambing tidak demikian. Rendahnya gelembung lemak dalam susu kambing dapat menurunkan resiko alergi, selain itu juga dapat menurunkan terjadinya iritasi pada usus.

4. Kaya akan kandungan asam lemak esensial
Dalam susu kambing mengandung 35% asam lemak lebih tinggi dari pada susu sapi sehingga mampu memperbaiki saluran pencernaan dan juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Mengkonsumsi susu kambing secara langsung atau masih mentah ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Sebagai agen metabolik
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ternyata susu kambing mampu menyerap zat besi dengan baik meskipun terjadi gangguan pada sistem pencernaan, sehingga susu kambing dapat berperan sebagai agen metabolik tubuh.

6. Mengandung kalsium
Susu kambing mengandung asam amino triptofan dan kalsium dalam kadar yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan menunjang kepadatan tulang.

7. Mengandung banyak nutrisi
Susu kambing mengandung bio-organik yang mampu menjaga kelenturan dan kesehatan persendian, selain itu susu kambing juga mampu meregenerasi system saraf dan juga memelihara kesehatan saraf.

8. Mengatasi penyakit Asma dan TBC
Kandungan flourin dan betakasein dalam susu kambing ternyata mampu digunakan sebagai obat penyakit asma dan TBC. Selain itu susu kambing juga efektif untuk mengatasi masalah gangguan pernapasan. Jadi jika Anda mengalami masalah pernapasan maka konsumsi susu kambing setiap hari secara teratur dipagi hari.

9. Menyehatkan janin dan memperlancar ASI
Banyak dokter yang menyarankan untuk mengkonsumsi susu kambing bagi ibu hamil dan juga menyusui. Susu kambing ternyata mampu menyehatkan janin dalam kandungan dan bagi ibu yang sedang menyusui dapat meningkatkan kadar produksi ASI.

10. Menjaga kesehatan kulit
Susu kambing banyak dimanfaatkan untuk kecantikan yaitu digunakan sebagai lulur dan juga masker wajah untuk menghaluskan kulit. Penggunaan masker dari susu kambing mampu mengecilkan pori-pori wajah sehingga kulit wajah semakin halus dan terhindar dari masalah jerawat.

Demikian informasi seputar 10 manfaat susu kambing bagi kesehatan yang baik dikonsumsi saat mentah. Mengkonsumsi susu kambing dipagi hari sebagai teman menu sarapan sangat baik untuk menjaga kesehatan sehingga siap untuk beraktivitas.Image courtesy of imagerymajestic at FreeDigitalPhotos.net