Pages

Fungsi Paru-Paru Bagi Tubuh Manusia Beserta Macam Penyakit Yang Mengganggu

Wednesday 6 January 2016

Salah satu organ penting dalam tubuh manusia adalah paru-paru. Paru-paru merupakan organ yang bertanggung jawab dalam proses respirasi yaitu proses pemecahan oksigen menjadi energy yang dibutuhkan oleh tubuh. Tahukah Kamu, apa saja fungsi paru-paru?

Inilah Fungsi Paru-Paru Bagi Tubuh Manusia 
Manusia memiliki sepasang paru-paru yaitu kiri dan kanan yang memiliki berat masing-masing 1,3 kg. Struktur kedua paru-paru ini sedikit berbeda karena memiliki fungsi yang berbeda pula, namun keduanya sama-sama mengandung alveoli sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondiokasida. Lalu apa saja fungsi paru-paru?

Fungsi paru-paru
Berikut adalah beberapa fungsi paru-paru bagi kelangsungan hidup manusia:
1. Sebagai organ respirasi
Fungsi utama dari paru-paru adalah sebagai organ respirasi yaitu sebagai pertukaran oksigen dan karbondioksida. Oksigen dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme.

2. Sebagai ekskresi
Fungsi paru-paru lainnya adalah sebagai organ respirasi yaitu mengeluarkan karbondoksida dan uap air yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kita.

3. Mengendalikan pH darah
Paru-paru juga berperan dalam mengandalikan pH darah dengan mengubah tekanan pada karbondioksida yang masuk kedalam tubuh.

4. Sebagai reservoir
Paru-paru ternyata juga berfungsi sebagai revervoir darah yang berada dalam tubuh. Volume darah yang berada dalam paru-paru sekitar 9% dari jumlah seluruh darah yang ada dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan darah akibat pendarahan maka dapat dikompensasi dari aliran darah dalam paru-paru melalui pembuluh sistemik.

5. Dapat mengubah angiotensin I menjadi angiotensin II
Dengan bantuan enzim angiotensin, paru-paru mampu mengubah angiotensin I menjadi angiotensin II.

6. Sebagai penyaring gumpalan darah
Paru-paru mampu menyaring adanya gumpalan darah yang dalam pembuluh vena sehingga tubuh mendapatkan aliran darah dengan lancar.

7. Mengurangi konsentrasi zat kimia
Paru-paru mampu mengurangi jumlah konsentrasi zat kimia atau obat-obatan yang telah dikonsumsi tubuh dan bercampur dengan konsentrasi darah.

8. Pelindung jantung
Posisi paru-paru yang berad di bagian depan jantung mampu melindungi jantung dari guncangan yang dapat mempengaruhi kerja jantung.

9. Penyedia aliran udara
Paru-paru merupakan organ yang dapat menyediakan aliran udara sehingga dapat menciptakan suara.

10. Aksi siliaris escalator
Paru-paru dapat melakukan aksi siliaris escalator yaitu sebagai pertahanan penting dari infeksi yang masuk bersama dengan udara. Bakteri dan debu dapat masuk kedalam tubuh melalui udara yang kita hirup dan akan terperangkap di dalam lapisan lendir yang berada di permukaan mukosa.

Demikian adalah beberapa fungsi paru-paru bagi tubuh kita, lalu apa saja penyakit yang dapat menyerang paru-paru?

 Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat mengganggu kerja paru-paru:
1. Kanker paru-paru
Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit mematikan yang disebabkan oleh kebiasan merokok. Tidak hanya perokok aktif saja yang berisiko terserang penyakit ini bahkan perokok pasif pun juga memiliki peluang besar terserang penyakit mematikan ini. Selain rokok, kanker paru-paru juga dapat disebabkan oleh radiasi ionisasi, debu kromium, radiasi radio aktif, asbes, zat kimia beracun, dan stress.

2. Asma
Asma merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya penyumbatan pada saluran pernafasan. Penyumbatan ini dapat disebabkan oleh virus, alergi, dan bakteri.

3. TBC
TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis.

4. Emfisema
Emfisema merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya pembengkakan pada paru-paru karena pembuluh darah terisi penuh udara.

5. Bronkitis
Bronkitismerupakan peradangan pada bronkus yang disebabkan oleh virus, kuman, asap rokok, bakteri, debu, dan polusi udara.

Itulah beberapa informasi seputar beberapa penyakit yang dapat menyerang paru-paru dan beberapa fungsi paru-paru bagi tubuh kita.