Pages

10 Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Wednesday 6 January 2016

Manfaat air bagi kesehatan telah banyak diketahui tetapi manfaat air hangat bagi kesehatan belum diketahui banyak orang. Mengkonsumsi air hangat setiap hari ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan air hangat yang baik untuk dikosumsi adalah air yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Mengkonsumsi air hangat murni jauh lebih baik dari pada air hangat yang telah dicampur dengan gula, tetapi air hangat yang dicampur dengan air lemon segar sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Apa saja manfaat minum air hangat bagi kesehatan?

10 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan
1. Menurunkan berat badan
Mengkonsumsi air hangat secara teratur ternyata mampu menyehatkan metabolisme dalam tubuh sehingga berat badan menjadi ideal. Selain itu mengkonsumsi air hangat juga mampu menurunkan berat badan secara efektif. Caranya yaitu dengan menambahkan air perasan lemon segar secukupnya pada air hangat kemudian meminumnya sebelum makan. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan dan juga menurunkan berat badan secara cepat dan alami.

2. Menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan
Saat batuk maka pada tenggorokan akan terasa sesak dan gatal, hal ini disebabkan oleh virus penyebab batuk. Rasa gatal ini dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi segelas air hangat karena dapat menetralisir virus penyebab batuk.
 

3. Melegakan hidung dan tenggorokan akibat pilek
Saat terserang batuk dan pilek maka hidung dan tenggorokan akan merasa tidak nyaman, hal ini disebabkan oleh dahak yang menyumbat tenggorokan dan hidung tersumbat ingus. Dengan mengkonsumsi segelas air hangat maka dapat melegakan hidung dan tenggorokan dari dahak karena air hangat ini mampu berperan sebagai antibiotik alami.

4. Dapat mengeluarkan racun
Air hangat ternyata mampu mengeluarkan racun dalam tubuh yang biasa terdapat pada usus dan organ pencernaan lainnya. Racun yang berada dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine dan juga keringat. Untuk mengeluarkan racun dalam tubuh maka sebaiknya minum air hangat sebelum tidur dan juga setelah bangun tidur. Jika Anda tidak berkeringat maka tambahkan sedikit air panas sehingga tubuh menjadi berkeringat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka campurkan madu dan perasan air lemon segar pada air hangat.

5. Mengatasi rasa mual
Bagi wanita yang mengalami kehamilan pada trisemester pertama akan mengalami rasa mual bahkan hingga muntah. Dengan mengkonsumsi air hangat yang dicampur dengan mint sebelum menggosok gigi ternyata mampu meredakan rasa mual.

6. Mengatasi nyeri saat menstruasi
Mayoritas wanita akan mengalami nyeri perut saat menstruasi, hal ini disebabkan oleh darah kotor yang terdapat dalam dinding rahim tidak dapat keluar dengan lancar. Dengan mengkonsumsi air hangat mampu melancarkan pengeluaran darah kotor sehingga rasa nyeri akan berkurang.

7. Melancarkan peredaran darah
Air hangat mampu mengendurkan pembuluh darah sehingga peredaran darah semakin lancar. Lancarnya aliran darah keseluruh tubuh dapat menurunkan resiko terserang hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan penyakit mematikan lainnya.

8. Mengobati sakit gigi
Air hangat berfungsi sebagai antibiotic alami sehingga dapat meredakan rasa nyeri pada sakit gigi. Cara penggunaannya yaitu cukup dengan minum air hangat secara teratur atau berkumur dengan air hangat saat sakit gigi.

9. Mengatasi kram pada kaki
Jika Anda mengalami kram di kaki maka gunakan air hangat untuk meredakannya. Caranya yaitu dengan minum segelas air hangat yang dicampur dengan madu atau merendam kaki selama 15 menit kedalam air hangat yang bercampur dengan garam kemudian lakukan pemijatan pada bagian telapak kaki dengan lembut.

10. Mengatasi bau mulut 
Dengan minum air hangat secara teratur mampu menghilangkan plak yang menempel di mulut sehingga dapat mengurangi bau mulut yang dapat menganggu.    

Demikian informasi seputar 10 manfaat mengkonsumsi air hangat untuk kesehatan. Sebaiknya mulai sekarang biasakan untuk mengkonsumsi air hangat untuk menjaga kesehatan.