Pages

Tahukah Kamu? Inilah Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh!

Thursday 7 January 2016

Tubuh membutuhkan asupan vitamin C yang sesuai untuk menjaga kesehatan. Vitamin C tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh saja tetapi juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan juga rambut kita. Apa saja manfaat vitamin C yang perlu kita ketahui?

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh
Berikut adalah beberapa manfaat vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuh:
1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Mengkonsumsi vitamin C sesuai dengan dosis yang dianjurkan mampu menjaga tubuh dari berbagai serangan infeksi yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit, selain itu juga dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang kita.

2. Sumber antioksidan
Vitamin C mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dari bahayanya radikal bebas yang dapat menyebabkan aterosklerosis dan kerusakan sel. Saat ini polusi udara sangat parah dan membawa radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

3. Menurunkan hipertensi
Mengkonsumsi vitamin C sesuai dengan takaran kebutuhan tubuh ternyata terbukti dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah serta dapat menurunkan resiko terserang hipertensi.

4. Menjaga kesehatan pembuluh darah
Vitamin C ternyata juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung, kolesterol, nyeri dada, dan aterosklerosis.

5. Menurunkan berat badan
Bagi orang yang memiliki masalah obesitas sebaiknya konsumsi vitamin C untuk menurunkan berat badan. Vitamin C efektif untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh serta dapat menjaga kesehatan tubuh sehingga cocok dikonsumsi untuk diet. Ada berbagai macam makanan sumber vitamin C seperti buah dan sayur yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk menurunkan berat badan.

6. Mengatasi stress
Stress banyak dipicu oleh berbagai masalah seperti pekerjaan, keuangan, keluarga, dan lainnya. Mengkonsumsi vitamin C ternyata dapat menurunkan kadar stress karena vitamin C ini mampu menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stress.

7. Menurunkan resiko terserang katarak
Penyakit katarak disebabkan oleh kekurangan vitamin C karena aliran darah ke mata terganggu. Penyakit ini menyebabkan pandangan kabur hingga kebutaan karena lensa mata mengalami gangguan.

8. Mencegah penyakit kanker
Vitamin C memiliki sifat antioksidan sehingga dapat melindungi sel tubuh dari mutasi DNA dan kerusakan yang dapat menyebabkan munculnya sel kanker.

9. Mencegah penyakit jantung
Vitamin C mampu menangkal radikal bebas yang dapat memicu penyakit jantung. Selain itu vitamin C juga dapat menjaga kadar kolesterol dan oksidasi sehingga dapat mencegah dari penyakit jantung.

10. Mencegah diabetes
Vitamin C mampu mengatur kadar gula dalam darah sehingga mengkonsumsi vitamin C dengan sesuai dengan dosis yang dianjurkan mampu menurunkan resiko terserang diabetes dan komplikasinya.

Sumber Vitamin C
Vitamin C dapat diperoleh dari buah dan juga sayuran, buah yang kaya akan vitamin C adalah jeruk, melon, semangka, stroberi, kiwi, dan buah lainnya. Sayuran yang mengandung vitamin C adalah tomat, brokoli, paprika, kentang, dan lainnya.

Saat ini vitamin C juga telah tersedia dalam bentuk suplemen yang mudah didapat diapotek dengan harga yang cukup terjangkau. Ada yang berupa minuman, kapsul, bubuk Kristal, dan juga tablet. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan asupan vitamin C untuk kesehatan tubuh.

Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin C
Berikut adalah tanda-tanda kekurangan vitamin C yang perlu Anda simak:
1. Gusi berdarah
2. Rambut pecah-pecah dan kering
3. Kulit bersisik dan kasar
4. Mudah mimisan dan memar
5. Luka tidak cepat sembut
6. Tubuh mudah terserang penyakit seperti flu, batuk, demam, dll.
Demikian ulasan seputar manfaat vitamin C dan pastikan Anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk mengurangi resiko terserang berbagai penyakit akibat kekurangan vitamin C. Image courtesy of Viacheslav Blizniuk at FreeDigitalPhotos.net