Pages

Cara Merawat Rambut Rontok, Bercabang, Dan Agar Cepat Panjang

Wednesday 2 December 2015

Memiliki rambut indah dan sehat merupakan impian setiap orang. Rambut sehat merupakan cerminan kondisi seseorang, jika memiliki rambut rusak, bercabang, bahkan rontok dapat merusak penampilan serta dapat menurunkan tingkat percaya diri. Rambut yang rusak atau kurang begitu sehat akan terlihat lebih kusam atau bahkan gampang patah dan rontok, selain masalaha rambut tersebut banyak wanita yang menginginkan rambutnya tumbuh dengan cepat. banyak faktor yang membuat rambut kita kurang begitu sehat mulai dari akibat perawatan rambut yang kurang tepat atau bahkan rambut kita sering terkena paparan radikat bebas seperti asap kendaraan dan sinar UV atau bahkan sampai dengan kondisi kesehatan tubuh yang kurang baik. Lalu bagaimana cara merawat rambut agar tetap sehat? simak caranya berikut ini.

Inilah Cara Merawat Rambut Tetap Sehat
Ada berbagai macam masalah rambut yang biasa dialami oleh sebagian besar orang seperti rambut rontok, bercabang, kering, dan rambut yang tumbuh lambat. Bagaimana cara merawat rambut dengan masalah tersebut agar tetap sehat? Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa Anda coba praktikkan dirumah:


1.    Cara alami merawat rambut agar tidak rontok
Masalah rambut rontok banyak dialami oleh sebagai besar orang, ada beberapa faktor yang menyebabkan kerontokan rambut. Jika Anda ingin terhindar dari masalah rambut rontok maka rawatlah rambut dengan menggunakan bahan alami yaitu lidah buaya, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Vitamin yang terkandung dalam lidah buaya mampu memperkuat akar dan batang rambut. Berikut adalah cara perawatannya:
  • Siapkan satu batang lidah buaya segar lalu bersihkan
  • Ambil bagian daging buahnya 
  • Oleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala
  • Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih dan keringkan
cara merawat rambut dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun yaitu dengan cukup mengoleskan minyak itu secukupnya pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala, kemudian diamkan selama 1 jam agar meresap. Lakukan perawatan ini secara rutin 3 kali seminggu agar rambut tetap sehat dan tidak rontok.Untuk masalah rambut kering perawatan rambut diatas juga sangat cocok untuk dilakukan.

2.    Cara merawat rambut bercabang
Banyak orang yang memotong rambutnya karena bercabang. Masalah rambut bercabang dapat disebabkan karena pewarnaan rambut atau rebonding. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat rambut bercabang:
  • Gunakan sisir yang bergigi jarang, jangan gunakan sisir yang bergigi rapat
  • Jangan menggosok rambut saat keramas
  • Setelah keramas, gunakan jari untuk merapikan rambut lalu biarkan kering sendiri tanpa menggunakan hair dryer.
  • Gunakan kondisioner secara teratur, kondisioner mengandung banyak pelembab yang dapat memperbaiki rambut kering dan kusam yang dapat menyebabkan rambut bercabang.  
  • Konsumsi buah segar yang kaya akan vitamin A, C, dan E yang dapat menjaga rambut agar tetap sehat
  • Konsumsi air mineral dalam jumlah yang besar setiap hari
  • Potonglah rambut secara teratur 6 bulan sekali untuk menghindari adanya rambut bercabang
3.    Cara merawat rambut agar cepat panjang
Memiliki rambut panjang dan sehat merupakan impian setiap wanita. Rambut panjang bagi seorang wanita dapat menjadi gaya fashion tersendiri karena dapat didandani sesuai dengan keinginan. Bagaimana cara merawat rambut agar cepat panjang? Berikut adalah tips-tipsnya:
  • Mengkonsumsi makanan sehat dan segar yang memiliki kandungan protein tinggi karena dapat memberikan rangsangan agar rambut tumbuh lebih cepat serta dapat memberikan kekkuatan pada akar dan batang rambut. Makanan yang kaya akan protein seperti susu, telur, dan olahan daging.
  • Gunakan kondisioner setelah keramas pada bagian seluruh rambut mulai ujung hingga akar rambut. 
  • Gunakan minyak zaitun atau madu setelah memakai kondisioner, kedua bahan alami itu mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. 
  • Rajinlah untuk memijat kulit kepala agar peredaran darah lebih lancar sehingga perawatan rambut cepat meresap.
  • Hindari menggunakan berbagai proses pemanasan rambut dengan menggunakan berbagai alat kecantikan karena dapat menghilangkan kelembaban rambut sehingga dapat menyebabkan kerontokan.
Itulah beberapa informasi seputar cara merawat rambut agar tetap sehat sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selamat mencoba. Image courtesy of  imagerymajestic at FreeDigitalPhotos.net