Pages

Langkah Sederhana: Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Di Wajah

Wednesday 2 December 2015

Masalah kulit wajah yang banyak dialami oleh sebagian besar orang adalah masalah jerawat. Tidak hanya dapat merusak penampilan saja, jerawat juga dapat menurunkan tingkat percaya diri Anda. Jerawat sring muncul pada saat seseorang memasuki masa remaja, pada saat itu hormon tubuh sering tidak seimbang, selain itu, kebiasaa, lingkungan, genetik, dan pola hidup juga mempengaruhi timbulnya jerawat. Lalu bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat?

Inilah 10 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah
Berikut adalah 10 cara sederhana untuk mencegah munculnya jerawat di kulit wajah Anda:
1. Membersihkan wajah
Jerawat akan muncul akibat wajah tidak dibersihkan dengan rajin, untuk menghindari munculnya jerawat sebaiknya bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih wajah yang banyak dijual, tetapi pemilihan pembersih wajah ini harus sesuai dengan jenis kulit wajah atau gunakan sabun bayi karena mengandung sedikit bahan kimia yang aman untuk kulit wajah. Hindari menggunakan handuk kasar atau handuk kotor untuk membersihkan wajah karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah serta dapat menimbulkan jerawat. Bersihkan wajah dua kali sehari saat mandi dan sebelum tidur.


2. Menggunakan pelembab
Gunakan pelembab yang mengandung anti UV untuk melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan wajah kusam dan berjerawat. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda  agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah.

3. Menggunakan make up secukupnya
Gunakan make up secukupnya ketika hendak keluar rumah dan pilihlah produk make up yang sesuai dengan jenis kulit wajah serta jangan menggunakan produk murahan karena dapat merusak kulit wajah di kemudian hari. Jangan memakai make up terlalu tebal untuk mengistirahatkan kulit wajah dan sebaiknya hindari memakai make up saat tidur atau hanya berada di rumah.

4. Memperhatikan rambut
Jika Anda memiliki rambut poni yang dapat menyebabkan daerah kulit wajah berjerawat disekitarnya maka sebaiknya singkirkan rambut poni itu dengan menjepitnya atau memotongnya. Gunakan shampoo dan kondisioner yang tepat untuk rambut Anda agar sehat dan bersih sehingga tidak menimbulkan jerawat pada kulit wajah yang tertutup rambut.

5. Hindari memegang wajah dengan tangan
Tangan merupakan bagian tubuh yang banyak mengandung kuman sehingga jika kita terlalu banyak melakukan kontak tangan dengan wajah maka dapat memicu timbulnya jerawat, khususnya bagi kulit wajah sensitive. Cuci bersoh tangan dengan menggunakan sabun sebelum memegang wajah dan hindari memencet kulit wajah yang berjerawat karena dapat menimbulkan peradangan dan infeksi pada kulit wajah.

6. Hindari mengkonsumsi makanan siap saji
Makanan siap saji seperti coklat, kripik, camilan, dll dapat memicu timbulnya jerawat, sebaiknya konsumsi makanan sehat dan segar seperti sayuran dan buah-buahan karena kaya akan vitamin yang dapat menyehatkan kulit wajah Anda.

7. Rajin berolahraga
Olahraga dengan rajin dan teratur dapat menyehatkan tubuh kita serta dapat mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah.

8. Menghindari stress
Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah stress, jadi untuk mencegah timbulnya jerawat sebaiknya hindari hal-hal yang dapat memicu pikiran menjadi stress.

9. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak
Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari untuk melarutkan lemak dan minyak dalam tubuh yang dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah.

10. Istirahat secara teratur
Anda harus mendapatkan istrirahat dalam porsi yang sesuai yaitu 8 jam sehari secara teratur. Istirahat yang cukup dapat membuat badan lebih segar dan sehat serta dapat menghindari stress yang dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu hindari tidur larut malam atau begadang karena membuat wajah kusam, mata panda, dan wajah berjerawat.

Itulah 10 cara mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah yang dapat Anda praktekkan dengan mudah dirumah. Selamat mencoba. Image courtesy of SweetCrisis at FreeDigitalPhotos.net