Pages

Cara Menghilangkan Kantuk Berat Saat Jam kerja

Tuesday 29 December 2015

Mengantuk bagi seseorang pastinya sangat wajar, namun mengantuk pada waktu-waktu yang kurang tepat seperti saat rapat, kerja, atau sedang belajar sangat menagganggu. Kantuk merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kita kurang istirahat, kelelahan, sedang sakit, atau bahkan kurang olahraga. Namun pada kondisi tertentu seperti setelah makan maka kebanyak orang akan merasa kartuk, karena saat perut kenyang sebagian besar darah yang mengandung oksigen akan menuju organ pencernaan dan darah yang menuju otak menjadi berkurang sehingga otak kekurang pasokan oksigen yang mengakibatkan kita mengantuk.

5 Cara ampuh untuk menghilangkan kantuk
1. Olahraga dan perenggangan
Hal yang paling mudah dilakukan untuk menghilangkan kantuk adalah melakukan olahraga dan perenggangan, dengan melakukan hal tersebut maka aliran darah dalam tubuh akan lebih lancar dan menjadikan kita menjadi lebih waspada dan kantuk hilang.

Apabila anda tidak memilki waktu untuk berolahraga maka setidaknya anda bisa melakukan perenggangan pada bagian tubuh seperti kepala, tangan dan kaki.

Beberapa jenis olahraga sederhana yang bisa menghilangkan kantuk seperti joging, berjalan kaki, dan bersepeda ringan.

2. Minum minuman berkafein
Siapa yang tidak tahu bahwa kopi dan teh dapat menghilangkan kantuk, dua jenis minuman tersebut memiliki kandungan kafen yang dapat menstimulus otak agar tetap segar dan waspada.

Jika anda ingin mendapatkan efek kafein yang rendah anda bisa mengkonsumsi teh, namun jika anda ingin lebih anda dapat mengkonsumsi kopi.

3. Tidur sejenak
Saat anda belajar atau bekerja usahakan untuk tidur sejenak diantara jam istirahat, 5-15 menit merupakan waktu yang cukup untuk tidur sebentar, dengan begitu rasa kantuk anda akan hilang selain itu dengan anda selesai tidur maka otak akan menjadi lebih segar untuk berfikir.

4. Makanan Pedas
Dengan mengkonsumsi makanan pedas akan membuat otak kita lebih terjaga selain itu jantung kita akan lebih terpaju untuk memompa darah ke otak kita, namun perlu anda ingat bagi anda yang memiliki masalah pencernaan seperti penyakit maag untuk disarankan tidak menggunakan cara ini.

5. Berjemur
Saat anda merasakan kantuk yang berat cobalah berjemur dibawah sinar matahari dengan begitu tubuh akan mendapatkan vitamin D yang cukup dari sinar matahari, vitamin D merupakan salah satu vitamin yang dapat menberi dorongan energi dalam tubuh.

Berjemur dan melakukan perenggangan otot akan lebih efektif dalam mengusir rasa kantuk.

Langkah yang paling efektif agar kita tidak merasakan rasa kantuk pada jam-jam kerja adalah dengan mengatur jam tidur, jika anda sering tidur malam terutama lebih dari jam 12 malam maka sudah dapat dipastikan pada pagi hari anda akan merasa kantuk yang berlebih. Lakukan tidur selama kurang lebih 7 jam dalam sehari.