Pages

Tips Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Memakai Tomat

Saturday 16 January 2016

Bekas jerawat adalah masalah yang tersisa setelah kulit wajah kita terkena jerawat, bekas jerawat terlihat seperti flek hitam dan jika jerawat yang kita alami parah bekas jerawat dapat menimbulkan cekungan-cekungan di kulit namun dengan ukuran kecil, jika kita memiliki banyak jerawat maka sudah dapat dipastikan bekas jerawatnya pun juga banyak, dan hal ini pasti menimbulkan masalah kepercayaan diri.

Secara normal bekas jerawat yang tidak terlalu parah akan hilang dengan sendirinya, namun beberapa produk kecantikan seperti krim malam juga sangat membantu menyamarkan bekas jerawat, asam retinol didalam krim malam mampu meningkatkan produksi sel-sel kulit terutama pada bagian luar. Namun beberapa hasil penenelitian menyebutkan bahwa asam retinol pada krim malam juga memiliki efek negatif bagi kesehatan kulit seperti potensi mengakibatkan iritasi, kanker, serta cacat janin.

A. Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Tomat
Tomat adalah salah satu buah yang sering digunakan dalam olahan makanan,  Mengandung vitamin penting yang dibutuhkan tubuh, tomat dewasa kini lebih banyak digemari masyarakat karena manfaatnya bagi kesehatan kulit terutama kulit wajah.

Kandungan vitamin pada tomat seperti vitamin A, C, dan vitamin B-6 sangat baik bagi kesehatan kulit. retinol yang banyak terdapat pada krim malam dimana sejatinya merupakan turunan dari vitamin A. Sehingga apabila anda ingin mendapatkan retinol alami maka buah yang paling tepat anda pilih adalah tomat.

B. Manfaat Vitamin A/ Retinol Pada Tomat Untuk Kulit
Tomat memiliki kandungan vitamin A sebesar 20%, vitamin tersebut sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit yakni terutama untuk mencegah penuaan dini. Berikut manfaat lengkap retinol:
1. Mencegah penuaan dini
Beberapa ahli kulit mengatakan bahwa tanda penuaan dini akan muncul pada seseorang di usia 20 tahun, untuk itu anda bisa menggunakan retnol alami dari tomat untuk mengatasinya.

Retinol akan sangat mudah terserap kedalam kulit, retinol dapat memperbaiki sel-sel kulit mati dan menyamarkan kerutan pada kulit, hal ini dikarenakan retinol mampu memacu produksi sel-sel kulit baru.

2. Mencerahkan Kulit
Retinol mampu mencerahkan dan menyamarkan noda hitam terutama bekas jerawat dengan cara merangsang pertumbuhan kolagen serta menjadikan kulit tetap lembab.

C. Menggunakan Masker Tomat Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Cara paling mudah menggunakan tomat untuk mengatrasi masalah bekas jerawat adalah dengan membuat masker wajar dari tomat, dengan begitu nutrisi yang terkandung pada tomat dapat dengan mudah terserap kedalam kulit, berikut cara membuat dan memakai masker tomat:
  • Siapkan satu buah tomat segar yang telah matang
  • Lumat atau blender tomat tersebut sampai dengan halus dan menjadi pasta
  • Oleskan keseluruh permuaan wajah dan leher
  • Pijat-pijat lembut terutama yang terdapat bekas jerawat
  • Tunggu hingga kering atau jika anda tidak memliki waktu yang lama untuk memakainya tunggu sampai 20-25 menit.
  • Cuci bersih dengan menggunakan air hangat
  • Keringkan dengan menggunakan handuk kering
Masker tomat bisa anda gunakan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu sampai bekas jerawat anda benar-benar menghilang.

D. Tips Menghindari Bekas Jerawat
Berikut beberapa tips ampuh yang bisa anda coba agar anda terhindari dari bekas jerawat yang menghitam.
1. Jangan memencet jerawat anda
Merupakan cara yang paling efektif agar anda terhindar dari bekas jerawat yang jelek, dengan memencet jerawat berarti anda akan membuat kulit anda menjadi lebih meradang dan terjadi luka, akibat luka itulah kulit anda menjadi rusak dan menghitam.

2. Hindari sinar matahari
Saat anda memiliki banyak jerawat dan bekasnya maka hal yang harus anda lakukan saat keluar disiang hari adalah menghindari paparan sinar matahari secara langsung, sinar matahari akan merangsang pigmentasi warna gelap pada kulit terutama bagian yang terdapat bekas luka.

3. Hindari vitamin E oles
Jika saat ini anda menggunakan vitamin E oles/ topikal maka hentikan sekarang juga, walaupun vitamin E dapat membantu mengurangi kerutan pada wajah namun vitamin E yang diberikan secra asal atau bahkan secara berlebih akan mengakibatkan iritasi, ruam, dan gatal-gatal. Jika anda ingin menggunakan vitamin jangka panjang maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter spesialis. Image courtesy of phasinphoto at FreeDigitalPhotos.net