Pages

5 Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Langkah Mudah

Saturday 16 January 2016

Salah satu masalah wajah yang sering dialami oleh para remaja adalah masalah jerawat. Ada berbagai macam perawatan yang ditawarkan untuk mengatasi masalah jerawat mulai dari cara modern hingga alami. Masalah jerawat banyak diderita oleh kulit berminyak karena kandungan minyak berlebih di wajah mampu mendorong timbulnya jerawat. Cara penanganan dan perawatan wajah berjerawat yang salah dapat memperburuk jerawat. Bagaimana cara merawat wajah berjerawat yang benar?

5 Cara Merawat Wajah Berjerawat dengan Benar
Berikut adalah beberapa cara untuk merawat wajah berjerawat dengan benar:
1. Menjaga kebersihan kulit wajah
Debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah dapat semakin menumpuk dan bercampur dengan minyak sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk meminimalisir timbulnya jerawat maka kita harus menjaga kebersihan kulit wajah dengan cara membersihkannya secara rutin setiap hari. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda agra tidak terjadi peradangan atau infeksi akibat tidak cocok. Bersihkan wajah minimal 2 kali dalam sehari terutama sebelum tidur karena saat tidur kulit wajah mengalami proses regenerasi sel.

2. Jangan gunakan kosmetik berat
Agar terhindar dari masalah jerawat, Anda harus menghindari menggunakan kosmetik berat yaitu kosmetik tebal dan juga berlapis-lapis karena dapat menyulitkan kulit untuk bernafas dan menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga berisiko munculnya jerawat. Khusus untuk kulit berminyak, hindari menggunakan bedak padat karena akan memperburuk masalah jerawat. Sebaiknya gunakan kosmetik ringan dan seuai dengan jenis kulit Anda.

3. Menggunakan masker alami
Ada beberapa jenis masker alami yang efektif untuk merawat kulit berjerawat yaitu masker madu, pepaya, tomat, dan wortel. Bahan alami ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk merawat kulit berjerawat. Cara penggunaan masker ini sangat mudah yaitu cukup dengan mengoleskannya pada seluruh kulit wajah secara merata, kemudian diamkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus agar tidak terjadi iritasi. Gunakan masker ini 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

4. Menggunakan air perasan lemon atau jeruk nipis
Air lemon dan jeruk nipis efektif untuk mengurangi kadar minyak pada wajah dan dapat mengatasi masalah jerawat. Kedua bahan alami ini mengandung zat astringent aktif yang mampu menyerap minyak dengan baik, selain itu tingginya kadar vitamin C mampu membantu regenerasi sel kulit wajah. Cara penggunaannya yaitu:
•    Siapkan air perasan lemon atau air perasan jeruk nipis segar
•    Usapkan pada seluruh bagian kulit wajah yang berjerawat secara merata
•    Diamkan selama 10-15 menit
•    Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus
•    Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

5. Perbanyak minum air putih 
Mengkonsumsi air putih sesuai dengan takaran yang dianjurkan yaitu minimal 8 gelas perhari mampu melancarkan metabolisme tubuh serta dapat menetralisir racun dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga, selain itu minum air putih juga dapat mengatasi masalah kulit berjerawat. Dengan memperbanyak minum air putih setiap hari dapat melembabkan kulit dan juga membantu dalam proses regenerasi sel kulit  secara alami. Jadi mulai sekarang biasakan untuk memperbanyak minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh dan merawat kulit yang berjerawat.

Demikian 5 cara merawat wajah berjerawat yang dapat Anda praktekkan dirumah dengan mudah. Jika ingin terhindar dari masalah jerawat maka mulailah untuk menerapkan cara ini secara rutin di rumah. Selamat mencoba. Image courtesy of David Castillo Dominici at FreeDigitalPhotos.net