Pages

Beberapa Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dengan Cepat

Wednesday 13 January 2016

Bau mulut merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kita terutama saluran pencernaan sedang mengalami masalah gangguan kesehatan dan kebersihan mulut, bau mulut sering kali tidak disadari oleh orang yang mengalaminya namun orang disekitar akan merasa terganggu berada di sekitar penderita.

A. Penyebab Bau Mulut 
Banyak sekali penyebab anda mengalami bau mulut, mulai dari karena sedang diet, mengkonsumsi makanan tertentu sampai dengan gangguan penyakit tertentu.

1. Penyebab bau mulut karena kebiasaan
a. Jarang menggosok gigi
Saat anda selesai makan banyak sekali sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi, sisa makanan tersebut digunakan oleh bakteri anaerob untuk berkembang biak, dari proses tersebut bakteri menghasilkan gas yang tidak sedap, bau yang tidak sedap juga dapat berasal dari lidah yang kotor dan penuh bakteri.

b. Obat-obatan
Beberapa jenis obat seperti obat penghilang rasa sakit, obat anti depresi, dan obat penyakit hepatitis dapat menyebabkan mulut kering dan bibir pecah-pecah. dengan tidak adanya air liur pada mulut dapat mengakibatkan mulut menjadi lebih bau dari biasanya.

c. Merokok
Perokok tidak hanya dijauhi karena asap rokoknya, namun walaupun tidak sedang merokok kebanyakan perokok aktif akan memiliki bau mulut yang kurang sedap.

d. Diet/ berpuasa
Saat anda sedang diet atau sedang berpuasa maka tubuh akan memproduksi air liur dalam jumlah sedikit, dan hal ini akan mengakibatkan bakteri didalam mulut akan cepat berkembang biak, selain itu saat diet tubuh akan memecah lemak untuk menghasilkan energi, dari hasil reaksi tersebut akan menghasilkan zat keton yang memiliki bau kurang begitu sedap.

e. Mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu
Beberapa jenis makanan seperti jengkol, petai, bawang putih pada umumnya akan mengakibatkan bau yang tidak sedap pada mulut, hal ini disebabkan oleh sisa makanan yang masih menempel pada gigi, namun hal ini akan menghilang setelah kita berkumur dan menggosok gigi dengan benar.

Beberapa jenis minum juga dapat mengakbatkan bau yang tidak sedap pada mulut seperti kopi dan minuman ber alkohol.

2. Penyebab bau mulut karena penyakit
Bau mulut juga dapat dijadikan patokan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang, beberapa penyakit penyebab bau mulut seperti:
a. Infeksi tenggorokan
b. gagal ginjal
c. pendarahan gusi
d. masalah hati
e. sariawan
f. infeksi saluran pencernaan
g. diabetes
h. gigi berlubang
i. kanker dan gangguan metabolis lainnya.

B. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami
Berikut beberapa tips bagaimana cara menghilangkan bau mulut yang kurang sedap dengan cepat:
1. Rajin membersihkan gigi dan mulut
Kondisi gigi dan mulut yang kotor merupakan penyebab utama bau mulut, rajinlah menggosok gigi 2-3 kali dalam sehari terutama setelah makan dan akan pergi tidur, bersihkan lidah dengan menggosok secara perlahan, bersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dengan benang, jika dirasa kurang gunakan obat kumur yang mengandung antibakteri.

2. Pintar dalam mengkonsumsi air putih
Jika anda memiliki masalah bau mulut maka usahakan untuk rajin mengkonsumsi air putih, dengan hal ini diharapkan mulut akan bersih dari sisa makanan yang menempel pada gigi, serta mulut selalu lembab dan basah agar bakteri mulut tidak berkembang biak dengan cepat.

3. Menghindari makanan dan kebiasaan penyebab bau mulut
Makanan seperti jengkol, petai, kopi untuk dihindari sementara waktu, selain itu hindari juga merokok secara berlebihan dalam sehari agar bau mulut tidak terlalu menyengat.

4. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur
Buah seperti apel dipercaya mampu menghilangkan bau mulu, tekstur buah apel dapat membantu menghilangkan plak dan membuat gigi menjadi lebih bersih. selain apel bauh strowberi, jambu biji, pir, dan lemon juga tak kalah pentingnya, vitamin C pada buah lemon mampu menghambat bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

5. Mencoba perment karet
Permen karet adalah salah satu solusi tercepat untuk menghilangkan bau mulut, saat anda mengunyah permen karet maka mulut akan memproduksi banyak air liur yang akan menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut.

6. Minum teh
Teh merupakan minuman sederhana dengan banyak manfaat, dan salah satunya adalah mengatasi bau pada mulut, kandungan polifenol didalam teh bersifat antioksidan dan antibakteri yang penting bagi kesehatan tubuh. Polifenol membantu menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut. Image courtesy of David Castillo Dominici at FreeDigitalPhotos.net