Pages

10 Makanan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan Paling Sehat

Tuesday 19 January 2016

Diet merupakan salah satu solusi ampuh untuk menurunkan berat badan bagi orang yang bermasalah dengan kegemukan. Banyak cara diet yang dapat dipilih untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan rendah lemak tetapi tinggi protein dan kalori sehingga dapat memenuhi asupan nutrisi tubuh. Apa sajakah makanan yang tepat untuk diet sehat?

10 Jenis Makanan untuk Diet Sehat
Berikut adalah 10 jenis makanan yang tepat dikonsumsi untuk diet:
1. Oatmeal
Oatmeal merupakan jenis gandum yang sering dikonsumsi untuk sarapan dipagi hari. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi untuk diet karena mengandung serat tinggi, rendah lemak, dan mengenyangkan. Cara penyajiannya pun juga sangat mudah dan praktis sehingga cocok bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas. Anda dapat mengkombinasikannya dengan makanan lain untuk menambah rasa agar lebih nikmat.

2. Rempah-rempah
Ada berbagai macam rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu dapur, ternyata ada beberapa jenis rempah yang cocok untuk diet yaitu biji mustard, jahe, lada, dan kunyit. Biji mustard dapat membantu malancarkan metabolisme dalam tubuh, jahe berperan aktif dalam melancarkan pencernaan makanan, lada dapat membantu dalam pembakaran lemak, dan kunyit juga memiliki peran yang sama dengan lada yaitu dapat membakar lemak secara efektif.

3. Kentang
Kentang merupakan salah satu makanan yang cocok dikonsumsi saat diet karena mengandung vitamin C, kalium, vitamin B6, dan serat dalam kadar yang tinggi serta rendah kalori. Anda dapat mengkonsumsi kentang rebus sebagai menu sarapan pagi dan disela-sela waktu makan siang. Tetapi jangan mengolah kentang dengan cara digoreng karena dapat menyerap minyak sehingga berpotensi menjadi lemak dalam tubuh.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang terbukti efektif menurunkan berat badan secara cepat. Anda dapat mengkonsumsi kacang sebagai camilan diwaktu luang sehingga dapat mengenyangkan dan menurunkan selera makan.

5. Buncis
Buncis merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh. Selain itu sayuran ini juga mampu mengontrol gula darah yang dapat memicu diabetes.

6. Dada ayam
Dada ayam merupakan bagian yang paling banyak menyimpan protein dan mengandung sedikit lemak sehingga cocok dikonsumsi saat diet. Banyak atlet dan binaragawan yang mengkonsumsi dada ayam ini untuk menurunkan berat badan dan menjaga stamina mereka. Anda dapat memasak dada ayam dengan dipanggang atau direbus dan jangan lupa untuk membuang bagian kulitnya karena mengandung banyak lemak.

7. Jamur
Salah satu jenis jamur yang efektif menurunkan berat badan adalah jamur kancing karena rendah kalori tetapi kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Anda dapat mengkonsumsi jamur ini dengan dikombinasikan sayuran lainnya agar lebih nikmat.

8. Brokoli 
Brokoli merupakan sayuran yang terbukti efektif mampu menurunkan berat badan dengan cepat karena sayuran ini mampu melepaskan lemak jenuh yang ada dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi brokoli dengan menumisnya atau membuat sup brokoli.

9. Bayam
Bayam merupakan sayuran yang kaya akan zat besi sehingga dapat mengatasi masalah anemia, ternyata sayuran ini juga efektif untuk menurunkan berat badan. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk aktivitas harian.

10. Ikan salmon
Ikan salmon mengandung asam lemak dan omega-3 yang efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Jangan mengkonsumsi ikan salmon dengan digoreng karena dapat mengurangi khasiatnya.

Itulah 10 makanan sehat yang cocok dikonsumsi saat diet karena terbukti efektif mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Image courtesy of nenetus at FreeDigitalPhotos.net