Pages

Mengetahui 10 Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Saturday 9 January 2016

Teh merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu jenis teh yang cukup populer adalah teh hijau karena selain rasanya yang nikmat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Minuman teh ini cocok disajikan dalam berbagai suasana baik disajikan hangat maupun dingin. Apa saja manfaat teh hijau bagi kesehatan?

Inilah Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan
Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi teh hijau bagi kesehatan tubuh yang wajib disimak oleh pecinta teh:
1. Menjaga kesehatan kulit
Mengkonsumsi teh hijau secara teratur ternyata mampu menjaga kesehatan kulit karena dapat melindungi kulit dari bahayanya sinar ultraviolet langsung. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur setiap hari mampu mencegah penyakit kanker kulit serta dapat menghambat keriput pada kulit.
 
2. Mencegah kebotakan
Kerontokan rambut secara terus menerus dapat mengakibatkan kebotakan sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri. Mengkonsusi teh hijau secara teratur setiap hari mampu mencegah terjadinya kebotakan karena dalam teh hijau mengandung zat yang mampu meregenerasi rambut secara terus menerus.

3. Menghilangkan jerawat
Masalah jerawat dipicu oleh minyak dan kotoran yang menempel dikulit wajah sehingga menutup pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Teh hijau memiliki sifat antioksidan yang dapat membersihkan masalah jerawat yang menganggu. Cukup dengan mengkonsumsi teh ini setiap hari maka jerawat akan hilang dan wajah menjadi bersih.

4. Menurunkan berat badan
Kandungan polifenol dalam teh hijau mampu meningkatkan pembekaran lemak dalam tubuh dan mengurangi penyerapan lemak oleh tubuh sehingga mengkonsumsi teh hijau sebagai minuman sangat efektif untuk menurunkan berat badan yang berlebih.

5. Mencegah diabetes
Teh hijau mampu mengatur kadar gula dalam darah sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes. Para dokter juga menganjurkan kepada penderita diabetes untuk selalu mengkonsumsi teh hijau secara teratur setiap hari untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Mencegah kanker
Teh hijau ternyata mempau berperan sebagai antioksidan 100 kali lebih besar dari vitamin C sehingga dapat menjaga kekebalan tubuh dari adikal bebas yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

7. Mencegah penyakit jantung
Mengkonsumsi teh hijau secara teratur setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan juga stroke yang dapat membahayakan kesehatan kita.

8. Memperkuat tulang
Tingginya kandungan fluoride dalam teh hijau mampu menjaga kepadatan tulang dan juga memperkuat tulang. Dengan mengkonsumsi teh hijau setiap hari dapat menjaga kesehatan tulang dan terhindar dari resiko osteoporosis.

9. Mengatasi stress
Kandungan asam amino yaitu L-thanine dalam teh hijau dapat bekerja efektif untuk meringankan kecemasan dan juga stress yang dialami oleh seseorang. Mengkonsumsi teh hangat dipagi dan sore hari mampu menenangkan pikiran dan mengurangi stress.

10. Mengobati asma
Teh hijau mengandung theophyline yang mampu bekerja dalam melemaskan otot-otot dalam saluran bronkial sehingga dapat mengobati penyakit asma.

Cara Sehat Untuk Minum Teh Hijau
1. Minum 2-3 gelas teh hijau dalam sehari
Teh hijau mengandung zat antioksidan seperti tanin dan flavonoid yang dapat menagkal radikal bebas, tetapi jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi zat ini dapat memicu kerusakan hati dan juga keracunan. Cukup minum 2 hingga 3 gelas teh hijau setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Jangan minum teh hijau saat perut kosong
Teh hijau juga mengandung kafein yang cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya saat perut kosong karena dapat menyebabkan gangguan pada lambung.

3. Jangan minum teh hijau setelah makan
Sebaiknya minum teh hijau 30 hingga 45 menit setelah makan karena dapat menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh.

4. Jangan minum teh hijau larut malam
Mengkonsumsi teh hijau dimalam hari mampu meningkatkan stress dan mengganggu waktu tidur.

Demikian informasi seputar manfaat teh hijau untuk kesehatan serta cara mengkonsumsi teh hijau yang sehat. Image courtesy of zirconicusso at FreeDigitalPhotos.net