Pages

11 Gejala Penyakit Jantung yang Wajib Di Ketahui

Saturday 2 January 2016

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan nomer satu di dunia ini dan dapat menyerang siapa saja. Penyakit mematikan ini terjadi karena jantung tidak mampu memompa darah yang membawa oksigen dan sari makanan keseluruh tubuh sehingga dapat meyebabkan kematian. Ada beberapa gejala penyakit jantung yang dapat dideteksi secara dini sehingga dapat mengurangi resiko kematian. Apa saja gejala penyakit jantung yang dapat dideteksi?

Gejala Penyakit Jantung
Berikut adalah beberapa gejala penyakit jantung yang dapat dideteksi secara dini untuk menghindari resiko fatal penyakit jantung yaitu kematian:
1. Mudah lelah
Orang yang memiliki penyakit jantung pada awalnya akan merasa mudah lelah saat beraktivitas atau bekerja dan mereka tidak menyadari akan hal itu. Pada umunnya mereka akan mengira bahwa rasa lelah biasa yang sering muncul merupakan akibat dari kurangnya istirahat sehingga banyak yang tidak memperdulikannya. Ternyata kelelahan ekstrim kemungkinan besar merupakan gejala dari penyakit jantung sehingga jika Anda mengalami hal ini segera periksakan diri ke dokter untuk menghindari hal buruk selanjutnya.

2. Cemas
Seseorang yang mengalami rasa cemas secara intens berpeluang besar mengidap penyakit jantung yang memicu kematian. Rasa cemas secara intens dapat membuat seseorang merasa ketakutan dan ini merupakan gejala dari penyakit jantung.

3. Nyeri bagian dada
Gejala yang sering dialami oleh penderita penyakit jantung adalah rasa nyeri pada bagian dada. Namun tidak semua rasa nyeri pada dada merupakan gajala penyakit jantung, jika Anda mangalami hal ini segera periksakan ke dokter.

4. Batuk disertai darah
Batuk yang disertai darah merupakan salah satu gejala gagal jantung karena adanya akumulasi cairan yang ada dalam paru-paru. Jika mengalami kondisi ini maka segera periksa ke dokter untuk mengetahui lebih jelas penyakit yang diderita.

5. Sulit tidur
Salah satu hal yang sering dialami oleh para penderita penyakit jantung adalah kesulitan saat tidur. Hal ini berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh sebuah lembaga kesehatan dunia bahwa 50% orang yang mengalami gangguan tidur positif menderita penyakit jantung.

6. Pusing
Penyakit jantung membuta penderitanya mengalami rasa pusing bahkan hingga pingsan. Hal ini disebabkan oleh denyut jantung yang tidak normal sehingga aliran darah yang membawa oksigen dan sari makanan tidak berjalan dengan baik.

7. Sesak napas
Salah satu gejala yang diderita oleh penderita sakit jantung adalah sesak napas, hal ini disebabkan adanya cairan yang masuk ke dalam rongga udara paru-paru.

8. Mual
Penyakit jantung menyebabkan pembengkakan pada perut sehingga dapat mengganggu nafsu makan penderitanya, bahkan jika berlanjut akan menyebabkan rasa mual yang cukup parah.

9. Denyut jantung tidak normal
Penderita penyakut jantung akan mengalami denyut jantung yang tidak normal atau tidak teratur. Jika penderita juga mengalami sesak napas, pusing, dan juga kelelahan maka dapat memicu terjadinya stroke bahkan kematian secara mendadak.

10. Keluar keringat dingin
Penderita penyakit jantung biasanya mengeluarkan keringat dingin tanpa sebab, jika Anda mengalami hal ini maka segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter.

11. Terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu
Gagal jantung dapat menyebabkan terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh sehingga ada beberapa bagian tubhh yang mengalami pembengkakan seperti kaki, perut, dan lainnya, selain itu biasanya penderita juga mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis dan nafsu makan berkurang.

Demikian beberapa informasi seputar gejala penyakit jantung yang dapat dideteksi secara dini sehingga dapat meminimalisir resiko kematian pada penderitanya dengan penanganan secara cepat.