Pages

Tahukah Kamu? Inilah11 Khasiat Buah Naga Paling Penting

Monday 7 December 2015

Salah satu buah yang kaya akan manfaat adalah buah naga. Buah manis ini mudah dijumpai di berbagai swalayan dan juga pasar tradisional. Ada dua jenis buah naga yang banyak dijual dipasaran yaitu buah naga merah dan putih, keduanya memiliki khasiat besar untuk kesehatan tubuh, nama buah naga sendiri diambil dari kulitnya yang bersisik seperti sisik naga, buah yang tergolong dalam tanaman kaktus ini akan mulai berbuah saat pertengahan musim panas sampai musim hujan datang karena pada dasarnya tanaman kaktus ini membutuhkan siang yang lebih panjang dari malam agar bisa berbuah.

Tahukah kamu apa saja khasiat buah naga untuk kesehatan? Berikut adalah khasiat buah naga untuk kesehatan tubuh kita:
1. Menurunkan berat badan yang berlebih
Memiliki tubuh sehat dan ramping merupakan impian setiap orang, jika Anda ingin tampil langsing dan sehat maka mulailah untuk mengkonsumsi buah naga. Buah manis ini mengandung serat tinggi serta rendah kalori sehingga tidak akan membuat perut menjadi buncit. Selain itu tingginya kadar air dalam buah ini juga dapat memperlancar pencernaan sehingga terbebas dari masalah sembelit.

2. Sebagai antioksidant
Buah naga kaya akan antioksidant yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat masuk dalam tubuh kita. Mengkonsumsi buah ini dapat membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari racun yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

3. Mencegah terjadinya kanker
Selain sebagai sumber antioksidant yang dapat menangkal radikal bebas, buah naga juga juga kaya akan fosfor, serat, kalsium, vitamin C B2 dan B3 sehingga dapat berperan aktif dalam membantu mengeluarkan racun logam yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

4. Meningkatkan system kekebalan tubuh
Tingginya kandungan antioksidant dalam buah naga mampu meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit dan stamina tetap terjaga.

5. Dapat Mencegah penyakit diabetes
Salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat adalah diabetes, penyakit ini merupakan penyakit yang dapat membunuh penderitanya dengan cepat. Dengan mengkonsumsi buah naga dapat membunuh sel-sel jahat yang dihasilkan dari pola hidup yang kurang sehat, selain itu kadar gula dalam buah ini juga sangat kecil sehingga aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

6. Meningkatkan nafsu makan
Buah naga sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang susah untuk makan karena kandungan vitamin B1 dan B2 dari buah ini mampu meningkatkan nafsu makan menjadi besar.

7. Mampu menunda penuaan
Saat ini banyak sekali factor yang dapat mempercepat penuaan dini pada seseorang seperti polusi udara. Cara untuk menghindari terjadinya penuaan dini yaitu dengan mengkonsumsi buah naga karena buah ini kaya akan kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

8. Meringankan batuk dan asma
Gangguan pernafasan yang banyak diderita oleh masyarakat adalah batuk dan asma yang dapat mengganggu aktivitas harian kita. Ternyata mengkonsumsi buah naga mampu meringankan batuk dan asma secara efektif. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin C dalam kadar yang tinggi sehingga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh agar mudah untuk melawan infeksi.

9. Menjaga kesehatan tulang
Salah satu zat yang terkandung dalam buah naga adalah kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain untuk kesehatan tulang dan gigi, ternyata kandungan kalsium ini juga baik untuk fungsi otot serta transmisi syaraf.

10. Menjaga stabilitas darah
Buah naga mengandung vitamin C yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi lebih besar.  Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membawa oksigen keseluruh tubuh.

11. Menjaga kesehatan mata
Buah naga memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi, beta karoten merupakan pigmen warna merah sampai jingga yang hanya ditemukan pada tumbuhan, didalam tubuh beta karoten akan dirubah menjadi vitamin A yang penting bagi kesehatan mata, bagi mereka yang berusia lanjut mengkonsumsi makanan yang tinggi beta karoten, vitamin C, dan vitamin E mampu menjaga kesehatan retina agar tidak rusak akibat usia.

Setiap hari tubuh membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang dapat diperoleh dari buah, salah satunya adalah buah naga. Ternyata buah naga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, semoga tulisan ini dapat menjadi informasi penting bagi semua pembaca. Image courtesy of Viacheslav at FreeDigitalPhotos.net