Pages

Tahukah Kamu? Apa Itu Jerawat Batu Dan Cara Mengatasinya

Wednesday 9 December 2015

Apa itu jerawat batu? Jerawat batu merupakan jerawat yang memiliki ukuran lebih besar dan menimbulkan peradangan yang cukup parah sehingga sulit untuk disembuhkan. Jerawat ini akan memberikan bekas luka pada kulit wajah yang sulit dihilangkan sehingga dapat merusak penampilan Anda. Jerawat ini tidak hanya muncul di wajah saja melainkan juga muncul di beberapa bagian tubuh lainnya seperti dagu, hidung, dada, bahkan punggung.

A. Penyebab Munculnya Jerawat Batu
Berikut adalah beberapa factor penyebab munculnya jerawat batu:
1. Faktor genetic
Ternyata jerawat batu ini dapat muncul karena factor genetic yaitu factor turunan, jadi jika orang tua kamu memiliki jenis jerawat ini maka kemungkinan besar kamu akan terserang jerawat batu ini juga.

2. Bakteri
Bakteri penyebab timbulnya jerawat adalah bakteri P.Acne yang berkembang di kelenjar sebaceous yang tersumbat. Bakteri ini akan menyebabkan iritasi kulit dan pembengkakan pada kelenjar sebaceous bahkan dapat megalami pecah. Pecahnya kelenjar ini dapat menyebabkan peradangan pada bagian kulit lainnya.

3. Sel kulit mati
Sel kulit mati yang bercambur dengan debu, kotoran, minyak, dan bakteri akan menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit wajah sehingga dapat memicu timbulnya jerawat batu.

4. Alergi
Ternyata munculnya jerawat batu juga dapat disebabkan oleh alergi seperti alergi makanan atau alergi akan benda-benda berdebu. Jika Anda mengalami hal ini maka sebaiknya hindari atau kurangi saja.

5. Sinar UV
Terkena sinar UV secara langsung dalam waktu yang cukup lama ternyata dapat merusak kulit wajah serta dapat menyebabkan munculnya jerawat batu.

6. Jenis kulit
Salah satu jenis kulit yang mudah mengalami masalah jerawat batu adalah jenis kulit berminyak karena lebih mudah tersumbat pori-pori kulit wajah akibat bercampunya debu, kotoran, dan minyak di wajah.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?berikut sedikit tips bagaimana cara menghilangkan jerawat batu secara alami.
B Cara Mengobati Jerawat Batu Secara Alami
Berikut adalah beberapa cara mengobati jerawat batu secara alami dan mudah:
1. Rutin membersihkan kulit wajah
Untuk mengobati dan membersihkan jerawat batu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah membersihkan kulit wajah secara teratur. Anda dapat menggunakan sabun atau produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

2. Menggunakan masker bahan alami
Bahan alami untuk mengobati jerawat batu Ada beberapa bahan alami untuk mengobati jerawat batu, diantaranya adalah:

a. Tomat
Tingginya kandungan vitamin A, C, dan B1, zat besi, kalsium, dan belerang pada buah tomat ternyata efektif untuk mengempeskan dan mencegah peradangan pada jerawat batu. Cara penggunaannya yaitu:
  • Siapkan satu buah tomat segar dan matang
  • Belah menjadi 2 bagian
  • Gosokkan secara perlahan dan halus bagian tomat yang telah dibelah pada bagian kulit wajah yang berjerawat hingga merata
  • Diamkan selama 15-20 menit dan mengering
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus
b. Putih telur
Putih telur banyak digunakan sebagai masker pemutih wajah, ternyata putih telur ini juga berkhasiat untuk mengobati jerawat batu. Cara penggunaannya yaitu:
  • Siapkan satu butir telur ayam
  • Ambil bagian putih telurnya saja
  • Oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat hingga merata
  • Diamkan selama 20-30 menit hingga mongering
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus dan kering
c.  Campuran air jeruk nipis, kunyit, dan madu
Jeruk nipis, madu, dan kunyit merupakan bahan alami yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Ternyata campuran ketiga bahan ini mampu mengobati jerawat batu secara efektif. Cara penggunaannya yaitu:
  • Siapkan 1 sdm air perasan jeruk nipis, 1 sdm madu, dan kunyit
  • Haluskan kunyit dengan blender
  • Tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu pada kunyit yang telah dihaluskan lalu aduk hingga rata
  • Oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat secara merata
  • Diamkan selama 15-20 menit
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus
Itulah beberapa informasi seputar jerawat batu yang banyak dideriat oleh sebagian besar orang dan cara alami untuk mengatasinya. Selamat mencoba. Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net