Pages

Ampuh: Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Sunday 20 December 2015

Ketombe bukanlah sebuah penyakit, ketombe adalah sel kulit kepala yang mati, mengering dan mengelupas. Kulit kepala yang mengelupas adalah kondisi yang wajar. Oleh sebab itu masalah ketombe tidak mengenal batasan orang, namun pada sebagian orang munculnya ketombe dapat terjadi secara berlebihan sehingga dengan kasat mata ketombe dapat dilihat oleh orang lain di dekat kita. siapapun saja bisa mengalami masalah ketombe, baik lelaki maupun perempuan, dewasa maupun anak-anak.

Penyebab ketombe untuk masing-masing orang berbeda-beda, diantaranya:
  • Panas
Panas yang bisa menyebabkan ketombe bukan saja panas yang disebabkan oleh masalah cuaca (karena terpapar sinar matahari), panas yang dihasilan oleh alat-alat penata rambut seperti pengering, catokan dan alat-alat lain juga bisa menimbulkan masalah ketombe pada kulit kepala apabila pemakaiannya terlalu sering.
  • Shampo yang tidak cocok
Pemakaian shampo yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala kita akan menyebabkan rambut kurang ternutrisi dengan baik sehinga menjadi rapuh, mudah rontok dan bisa menyebabkan ketombe. Untuk itu sebelum membeli produk perawatan rambut alangkah baiknya mengetahui jenis kulit kepala kita terlebih dahulu.
  • Cara mencuci rambut (keramas) yang kurang tepat
Cara mencuci rambut sangat berpengaruh pada kebersihan kulit kepala. Kurang bersih pada saat membilas akan menyisakan shampoo pada kulit kepala, apabila hal ini terus terjadi, sisa shampoo akan semakin menumpuk dan dapat menyebabkan ketombe dan jamur. Terlalu sering mencuci rambut juga bisa menimbulkan ketombe, hal ini dikarenakan akan mengurangi cairan minyak alami sebagai pelindung rambut dan membuat kulit kepala menjadi kering. Selain itu jarang mencuci rambut juga akan menyebabkan ketombe, hal ini dikarenakan kotoran rambut dari bedu-debu menumpuk dan bercampur dengan sel kulit mati kepala. Ideal nya untuk mencuci rambut adalah setiap 2 hari sekali atau seminggu 3 kali.
  • Banyak pikiran yang menyebabkan stress
Stress dapat menghambat sistem kerja tubuh karena menyebabkan hormon pada tubuh tidak stabil, hal ini bisa menyebabkan rambut rontok dan kulit kepala kering, sehingga terjadi ketombe.
Setelah kita mengetahui masalah penyebab ketombe, selajutnya kita akan membahas cara mengatasi ketombe secara alami, sehingga ketombe tidak semakin parah dan tidak menimbulkan gatal-gatal lagi.

Beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi ketombe secara alami antara lain:
1. Jeruk nipis
Jeruk nipis dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Buah ini dapat digunakan untuk melunturkan minyak berlebih pada kulit kepala yang biasanya digunakan sebagai habitat jamur yang dapat merugikan. Selain itu kandungan Vitamin C pada jeruk nipis dapat mejadikan efek segar dan rambut tampak sehat dan berkilau.

Cara penggunaan jeruk nipis tidaklah sulit, cukup ambil satu sampai dua buah jeruk nipis. Selanjutnya diperas dan ambil air sari jeruk nipisnya. Hasil perasan itu di oleskan keseluruh bagian kulit kepala sampai rata. Lakukan cara ini sebelum keramas.

2. Garam
Garam dapur dapat digunakan untuk mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan membunuh bakteri pada kulit kepala sehingga dapat mengurangi aktivitas perkembangbiakan jamur yang menjadi penyebab ketombe.

Pemakaian garam dapur sebagai obat ketombe cukup mudah, cukup dengan menaburkannya secara merata pada kulit kepala, setelah itu di gosok-gosok hingga meresap.lakukan hal tersebut secara rutin sebelum keramas.

3. Lidah buaya
Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Lidah buaya memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur sehingga dengan pemanfaatan tanaman ini dapat memberikan nutrisi pada rambut dan dapat mengatasi persoalan ketombe di kulit kepala.

Cara penggunaan lidah buaya sangat mudah, kupas satu helai lidah buaya, ambil bagian yag berlendir. Gosokkan bagian tersebut pada kulit kepala secara merata. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Pemakaian lidah buaya adalah cara paling mudah dan ampuh untuk menghilangkan ketombe sekaligus merawat keindahan rambut. Image courtesy of google