Pages

10 Cara Ampuh Menghilangkan Stress Kerja

Saturday 26 December 2015

Stress merupakan kondisi yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi stress seperti himpitan ekonomi, patah hati, beban pekerjaan yang menumpuk, hubungan yang tidak baik dengan teman, dan lainnya. Stress dapat menimpa siapa saja baik anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Namun ada beberapa cara untuk menghilangkan stress, apa saja caranya?

Inilah 10 Cara Efektif Menghilangkan Stress Kerja
Secara ilmiah, stress merupakan sinyal otak kepada tubuh untuk mengeluarkan hormon dalam jumlah yang banyak setelah menghadapi suatu permasalahan. Tujuan dari pengeluaran hormone ini adalah untuk menambah energi tubuh dalam melakukan aktivitas. Ada 10 cara untuk mengatasi masalah stress yaitu:
1. Melakukan hobi
Cara paling mudah untuk menghilangkan stress adalah dengan melakukan hobi. Melakukan hobi dapat menenangkan pikiran dan mendapat kesenangan sehingga menjadi hiburan bagi pikiran yang sedang kalut dan stress. Melakukan hibi juga sangat efektif membuat orang kembali bersemangat setelah melalui hal-hal yang sangat melelahkan. Beberapa hobi yang biasa dimiliki oleh seseorang adalah melukis, berkebun, merangkai bunga, memancing, berkuda, dan lainnya.

2. Berbagi cerita
Berbagi cerita dengan orang lain seputar permasalahan berat yang sedang dihadapi dapat meringankan beban pikiran kita. Selian itu berbagi cerita dengan orang lain juga memberi kemungkinan bagi kita mendapatkan solusi yang tepat untuk menghadapi permasalahan yang sedang kita hadapi. Jika kita menutup diri dan tidak berbagi cerita dengan orang akan menambah depresi.

3. Melakukan meditasi 
Meditasi merupakan salah satu cara untuk mengatasi stress karena dengan cara ini pikiran dapat berkonsentrasi dengan baik sehingga menjadi tenang. Selama meditasi pernapasan akan lebih teratur sehingga dapat menurunkan hormone penyebab stress yang telah dipompa oleh adrenalin.

4. Berendam air hangat
Mandi atau berendam dengan air hangat mampu mengendurkan otot-otot yang tegang serta dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat menurunkan tingkat stress. Cara ini juga sangat efektif untuk merelaksasi tubuh sehingga menjadi lebih semangat.

5. Berteriak
Berteriak dengan lantang dank eras merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi stress. Dengan berteriak maka sebagian beban yang ada dipikiran akan berkurang dan perasaan menjadi lega. Anda dapat melakukan hal ini di pantai atau ditempat luas yang terbuka agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

6. Berlibur
Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan stress adalah dengan melakukan liburan ditempat yang nyaman. Melakukan liburan dapat menghindarkan kita dengan lingkungan negative yang dapat memicu meningkatnya tingkat stress.

7. Olahraga
Dengan melakukan olahraga dapat melepaskan hormon serotonin yang dapat memicu seorang menjadi senang dan bahagia sehingga dapat menurunkan tingkat stress di pikiran. Selain itu, olahraga juga dapat membuat badan lebih sehat sehingga dapat meningkatkan semangat dalam menjalani aktivitas selanjutnya. Beberapa olahraga yang dapat dilakukan adalah berenang, jalan sehat, surfing, voli, dan lainnya.

8. Tidur
Cara paling mudah untuk menghilangkan stress adalah dengan cukup tidur. Dalam sehari seorang diharuskan memiliki waktu tidur selama 8 jam sehingga tubuh dapat beristirahat dengan nyaman. Selain itu tidur juga dapat membuat seseorang lebih bersemangat dan dapat memperbaiki tubuh karena selama tidur tubuh dapat menghasilkan molekul protein yang efektif meningkatkan produktivitas.

9. Mendengarkan musik
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan University of Maryland pada tahun 2008, ternyata mendengarkan musik favorit selama kurang lebih 30 menit dapat mengurangi tingkat stress karena tubuh mampu mengeluarkan zat endorphin yang dapat menenangkan pikiran.

10. Tertawa
Cara efektif selanjutnya untuk menghilangkan stress adalah dengan tertawa karena tertawa selama 5-10 menit dapat memicu keluarnya serotonin, endorphin, dan metanonin yang dapat menenangkan pikiran.    

Itulah 10 cara untuk mengatasi stress yang banyak dipicu oleh berbagai masalah seperti ekonomi, cinta, dan lainnya. Image courtesy of David Castillo Dominici at FreeDigitalPhotos.net